Artikel Terbaru

Benarkah Imam Menghadap Makmum Sesudah Shalat Berjamaah?

imam-shalat-jamaah

Kita sering menyaksikan imam shalat yang berputar posisi menghadap ke jamaah atau ke kanan atau ke kiri sesudah shalat berjamaah. Hal itu tidak salah karena memang dicontohkan Rasulullah dan ada dalil haditsnya. Berikut ini beberapa hadist tentang kebiasaan Rasulullah SAW menghadap makmum ketika selesai shalat berjamaah: Dari Samurah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bila selesai shalat, beliau menghadapkan wajahnya kepada ... Read More »

Berapa Volume Sumur Zam-Zam?

zam-zam

Banyak kisah dan cerita tentang keajaiban air Zam-zam. Namun yang sering menjadi pertanyaan, dari mana sumber air sumur Zam-zam?. Lalu seberapa besar volume air di dalam sumur Zam-zam sehingga aliran airnya tidak pernah habis sejak zaman nabi Ibrahim hingga sekarang? Jumlah pasti volume air Zam-zam memang sulit diketahui namun dari uji pemompaan (pumping test) diketahui bahwa sumur ini mampu mengalirkan ... Read More »

Bagaimana Menjaga Kemabruran Haji?

pulang-haji

Setelah menunaikan seluruh rangkaian ritual ibadah haji di tanah suci, saudara-saudara kita yang berhaji mulai tiba kembali di tanah air. Doa dan harapan yang selalu disampaikan tentu semoga mereka menjadi haji yang mabrur. Doa ini sebenarnya bukan hanya untuk mereka yang baru saja pulang menunaikan ibadah haji tetapi juga bagi mereka yang telah berhaji pada tahun-tahun sebelumnya. Artinya, kita berharap ... Read More »

Surga karena Rahmat Allah, untuk apa Kita Beramal?

surga-karena-rahmat-allah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radliyallah ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sungguh amal seseorang tidak akan memasukkannya ke dalam surga.” Mereka bertanya, “tidak pula engkau ya Rasulallah?” Beliau menjawab, “Tidak pula saya. Hanya saja Allah meliputiku dengan karunia dan rahmat-Nya. Karenanya berlakulah benar (beramal sesuai dengan sunnah) dan berlakulah sedang (tidak berlebihan dalam ibadah dan tidak kendor atau lemah).” (HR. Bukhari dan ... Read More »

Makanan Haram Penghambat Terkabulnya Doa

makanan-haram-menghalang-doa

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ ... Read More »

Selalu Mengingat Allah dengan Berdzikir

tentram-mengingat-allah

Allah telah mengingatkan agar manusia mencari kedamaian dan ketentram hidup dengan jalan selalu mengingat Allah.  “Orang-orang yang beriman dan hati mereka bisa merasa tentram dengan mengingat Allah, ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah maka hati akan merasa tentram.” (QS. ar-Ra’d: 28). Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan bahwa pendapat terpilih mengenai makna ‘mengingat Allah’ di sini adalah mengingat al-Qur’an. Hal itu disebabkan ... Read More »

sahifawplk