Daun dan Bunga, Bukti Kekuasaan Allah

Daun dan Bunga, Bukti Kekuasaan Allah

Selain memiliki sistem fotosintesis yang rumit dan  luar biasa, daun sesungguhnya bukan bentuk sederhana seperti yang terlihat mata. Daun  adalah sesuatu yang rentan dan mudah rusak. Namun, daun-daun  itu tidak kering kerontang karena panasnya terik sinar matahari yang menyengat. Ketika seorang manusia berada pada suhu  40º C meskipun hanya sebentar, warna kulitnya akan berubah dan mungkin menderita dehidrasi. Tetapi daun mampu tetap hijau di bawah panas matahari yang menyengat tanpa terbakar selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.  Ini adalah sebuah keajaiban penciptaan yang menunjukkan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu dengan ilmu yang tak tertandingi.

Mari kita berpikir dan merenungkan tentang tanaman, buah-buahan, sayuran, bunga, dan semua jenis pepohonan. Mereka masing-masing memiliki warna yang berbeda, bau wangi dan cita rasa yang unik. Semua merupakan bukti dari karya seni ciptaan Allah. Masing-masing tanaman memiliki proses reproduksi yang berbeda. Proporsi nektar yang terkandung di dalamnya serta aroma juga berbeda semuanya. Mari kita cermati bunga mawar, yang memiliki aneka warna:  merah, putih, kuning, oranye, pink, bermata putih, berwarna ganda, bahkan mawar dengan warna bergradasi. Sungguh semua itu menjadi bukti kekuasaan Allah bagi mereka yang beriman.

“Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ‘Masya Allah, la quawwata illa billah’ (sungguh atas kehendak Allah semua itu terwujud). Tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanmu lebih sedikit daripadamu. (Qs. Al Khafi: 39)  (Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*