Batas Umur Hewan Qurban

Batas Umur Hewan Qurban

zainul-muslimin-foto

 

 

Oleh: Ustad Drh. H. Zainul Muslimin
Pemilik Aulia Farm dan Ketua Lazizmu Jawa Timur

 

Berapakah umur kambing, sapi atau unta yang boleh dijadikan hewan kurban? Apa dipersyaratkan umur bagi hewan kurban? Dijelaskan dalam Bulughul Marom hadits dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.” (Hr. Muslim).

Dalam hal ini para ulama sepakat bahwa syari’at telah menentukan umur tertentu pada hewan qurban. Artinya, tidak boleh berqurban dengan binatang ternak yang berumur di bawah yang telah ditentukan. Dan barang siapa yang berkurban dengan binatang di bawah umur, maka qurbannya tidak sah.

Imam An Nawawi dalam “Syarah Muslim” berkata, “Para ulama berkata,al Musinnah adalah yang tanggal gigi serinya ke atas baik dari unta, sapi atau kambing. Dari sini sudah jelas bahwa tidak boleh sama sekali menyembelih jadza’ah kecuali dari domba/biri-biri”. Sementara

Kita juga bisa mencermati hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari al Barra’ bin ‘Azib, radhiyallahu ‘anhuma, berkata, “Pamanku yang bernama Abu Burdah berkurban sebelum shalat, maka Rasulullah bersabda kepadanya,  “Kambingmu kambing pedaging”. ia berkata: “Wahai Rasulullah, saya mempunyai jadza’ah (usia 8-9 bulan) dari kambing”. dan dalam sebuah riwayat: “jadza’ah dari kambing betina”. Dan dalam riwayat Bukhori (5563) “Saya mempunyai jadza’ah dari kambing, itu lebih baik dari dua musinnah (yang berumur 1 tahun) yang saya sembelih ?” beliau bersabda: “Sembelihlah, namun tidak untuk selainmu”. dan dalam riwayat yang lain: “Hal itu tidak dibolehkan untuk orang lain sesudahmu”. Kemudian beliau bersabda: “Barang siapa yang menyembelih sebelum shalat maka ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang menyembelih setelah shalat maka ia telah menyempurnakan kurbannya, dan sesuai dengan sunnah kaum muslimin”.

Di hadist lain disebutkan, di antaranya hadits ‘Uqbah bin ‘Amir, radhiyallahu ‘anhu- berkata, “Kami berkurban bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan jadza’ah (usia 8-9 ulan ) dari domba”. (Hr. Nasa’i 4382. al Hafidz berkata: sanadnya kuat, dan dishahihkan oleh al Baani dalam “Shahih Nasa’i)

Disebutkan dalam “Fatawa Lajnah Daimah”, “Dalil-dalil syar’i telah menunjukkan bahwa usia minimal dari domba/biri-biri adalah 6 bulan, dan dari kambing 1 tahun, dari sapi usia 2 tahun, da dari unta usia 5 tahun, di bawah usai di atas tidak boleh untuk hady (sembelihan haji) atau kurban. Inilah makna mustaisirun min hady (sembelihan yang mudah didapatkan); karena dalil dari al Qur’an dan Hadits satu sama lain menafsiri yang lainnya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*