Jangan Lengah, Ayo Terus Berperang Melawan Setan

Jangan Lengah, Ayo Terus Berperang Melawan Setan

Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, dengan segala cara dan daya setan akan selalu berusaha menjerumuskan manusia ke jurang kesesatan dan kemaksiatan. Oleh karena itu Allah memerintahkan kepada manusia agar bersungguh-sungguh menyikapi setan sebagai musuh dan bersungguh-sungguh pula menjadikan setan sebagai musuh. Allah telah berfirman, “Sesungguhnya setan itu adalah musuhmu, maka hadapilah ia sebagai musuh, karena sesungguhnya setan-setan itu banyak mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (Qs.  Fathir: 6).

Mengapa kita harus serius menjadikan setan sebagai musuh? Salah satunya karena setan juga sangat serius dalam menjalankan misinya untuk menggoda dan merayu manusia menuju jalan neraka. Sejak diusir dari surga karena kesombongannya, setan telah berazzam untuk menjadikan sebanyak mungkin manusia menjadi temannya di neraka.  Dia menjadikan manusia sebagai target utama dalam perjalanan hidupnya. Di dalam Al Qur’an diungkapkan, setan telah bersumpah, “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, maka saya benar-benar akan menghalang-halangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi (merayu) mereka dari muka dan dan belakang, dan kanan dan kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (Qs. Al-A’raf: 16-17). Di ayat yang lain disebutkan, “Setan-setan itu mengajak golongannya supaya menjadi penghuni neraka Jahannam” (Qs. Al Israa’: 65).

Dari ayat tersebut kita bisa melihat betapa sungguh-sungguh setan ‘berjuang’ menipu dan memperdayai manusia. Dengan kepandaian dan keahliannya menipu dia akan menjebak sebanyak mungkin manusia untuk mengikuti langkah dan kemauannya. Oleh karena itu Allah juga telah mengingatkan manusia agar selalu berhati-hati dari tipu daya setan, sebagaimana firman-Nya, “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Al-A’raf: 27)
Banyak cara dilakukan setan untuk menggoda manusia. Dalam Al Qur’an disebutkan, “Setan menjanjikan (mentakut-takuti) kamu dengan  kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan,  sedangkan Allah menjanjikan kamu ampunan dan karunia. Allah Mahaluas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 268). Disebutkan juga, “Setan selalu memberi janji-janji kepada mereka, dan  membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan tidak  menjanjikan kepada mereka selain tipuan  belaka (Qs. Al-Nisa’: 120).

Meskipun demikian bagi manusia yang memiliki kesungguhan untuk melawan setan, sesungguhnya setan itu lemah. Bagi manusia beriman, teguh dalam memegang tauhid, berjalan lurus bersandar pada tuntunan sunnah Rasulullah maka tidak ada peluang bagi setan untuk memperdayainya. Bagi mereka tipu daya setan itu adalah lemah dan tidak sedikitpun menggoyahkannya. “Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan setan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah.” (Qs.An-Nisa’: 76)

Meskipun demikian kita tetap harus selalu berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Manusia adalah tempatnya lupa dan lengah, bisa saja setan menggoda ketika seseorang sedang lupa dan lengah. Oleh karena itu Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu berlindung kepada Allah diantaranya dengan  lafazh isti’adzah atau at-ta’awwudz, Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.” Dan yang terpenting, untuk terbebas dari godaan setan yang terkutuk kita harus selalu berjalan sesuai tuntunan Allah dengan mentaati syariat dan hukum Allah dan sunnah Rasulullah. (Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*