Fakta Potensi Ekonomi Umat Muslim

Fakta Potensi Ekonomi Umat Muslim

Beberapa waktu lalu American Muslim Consumer Conference (AMCC) di New Jersey, Amerika Serikat membuat penelitian tentang tentang perilaku konsumsi umat Muslim global. Kebanyakan responden yang digunakan (AMCC) adalah komunitas muslim di Amerika Serikat. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang umat Muslim dunia:

  1. Total populasi umat muslim di dunia adalah 1,6 miliar. Angka ini adalah 25 persen dari total populasi penduduk dunia. Diprediksi populasi umat muslim akan mencapai 50 persen pada 2050. Dengan catatan jumlah muslim bertambah per tahunnya 1,5 sampai 2 persen dari 1,6 miliar tersebut.
  2. Tipikal umur umat muslim di dunia saat ini adalah kalangan muda. Sebagai contoh di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Selatan, menurut survey, hampir 50 persennya berusia dibawah 25. Populasi ini diharapkan meningkat ke kelas menengah karena ada tren masyarakat urban yang sedang berkembang saat ini. Hasilnya bisa dilihat sepuluh tahun mendatang.
  3. Setiap tahun pasar syariah global menghasilkan US$ 2 triliun. Pendapatan ini sudah termasuk semua produk barang dan jasa yang dikonsumsi umat muslim baik itu makanan ataupun produk bank.
  4. Rata-rata pendapatan dari makanan halal adalah US$ 632 miliar per tahun. Itu merupakan 16 persen pendapatan dari industri makanan global. Angka tersebut terus naik secara signifikan dan menggambarkan pertumbuhan yang ekspansi ekonomi yang cukup luar biasa bagi umat muslim. Ada yang memprediksi industri makanan halal akan naik dan cukup signifikan di dunia terutama di benua Amerika.
  5. Perputaran uang di pasar Islam diperkirakan US$ 1 triliun. Sedangkan pendapatan di sektor Islam hanya sekitar US$ 55 miliar per tahun di seluruh dunia. Dibandingkan dengan pasar konvensional yang menghasilkan US$ 22 triliun pertahun, pertumbuhkan keuangan Islam dinilai semakin mapan. Jika pendapatan dari sistem keuangan Islam konsisten, diprediksi suatu saat nanti bisa menguasai keuangan global.
  6. Daya beli umat Muslim di Amerika Serikat Serikat sebesar US$ 200 miliar per tahun atau US$ 25 ribu per kapita. Jika daya beli komunitas muslim meningkat 1,4 persen per tahunnya diperkirakan konsumsi umat muslim secara global akan mencapai US$ 10 triliun pertahunnya. Artinya ekonomi umat muslim semakin mapan dan Islam bukan lagi komunitas yang terpingirkan di Amerika Serikat.
  7. Menurut penelitian terakhir umat Muslim Amerika punya pendapatan berbeda-beda menurut gender. Komunitas muslim Amerika juga punya warga yang berbeda-beda secara etnik.
  8. Sebanyak 16 persen dari US$ 100 miliar pendapatan produk halal Amerika Serikat disetorkan kepada pemerintah. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan dan memperbanyak toko-toko makanan halal di seantero Amerika Serikat. (BloggerMu.com/ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*