Rahasia Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Rahasia Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Di antara shalat wajib yang harus dilakukan oleh kaum muslimin, shalat subuh dan isya berjamaah di masjid merupakan shalat yang paling berat dan sering ditinggalkan. Padahal sesungguhnya banyak keutamaan dan kemuliaan yang akan diperoleh bagi mereka yang istiqomah melakukannya. Bahkan Rasulullah dengan dengan bahasa yang cukup ‘keras’ menyuruh mereka yang tidak melakukannya berjamaah ke masjid untuk segera berangkat menuju masjid.

Dari Abu Hurairah dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)

Dalam hal ini shalat subuh merupakan shalat yang agung lagi disaksikan oleh para malaikat yang bertugas di malam hari dan yang bertugas di siang hari, karena pada saat shalat subuh itulah mereka bergantian, malakait malam naik ke langit dan malaikat siang turun ke bumi. Abu Hurairah berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Shalat berjama’ah lebih utama dibanding shalatnya salah seorang dari kalian dengan sendirian dengan dua puluh lima bagian. Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” Abu Hurairah kemudian berkata, “Jika mau silakan baca, “Sesungguhnya bacaan (shalat) fajar disaksikan (oleh para malaikat).” (QS. Al Israa: 78). (HR. Al-Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Barangsiapa yang mengerjakan shalat Subuh secara berjamaah, dengan syarat dia juga mengerjakan shalat isya secara berjamaah,  maka seakan-akan dia telah shalat semalam suntuk. Dan orang yang mengerjakan shalat subuh maka dia berada dalam tanggungan, jaminan, dan penjagaan dari Allah. Dialah yang akan mengambilkan haknya dari orang lain yang telah melanggar haknya dengan kezhaliman. Usman bin Affan berkata, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat isya` berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Di hadist yang lain Jundab bin Abdillah Al-Qasri berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

Oleh karena itu, jangan pernah tinggalkan shalat subuh berjamaah di masjid. Ingatlah berbagai keutamaan yang akan diperoleh bagi hamba-Nya yang istiqomah menegakkan shalat subuh berjamaah di masjid. (dari beberapa sumber/Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*