Mengenal Putra dan Putri Rasulullah

Mengenal Putra dan Putri Rasulullah

Menurut Imam an-Nawawi rahimahullah, selama hidupnya, Rasulullah SAW dikaruniai tujuh orang putra dan putri. Mereka terdiri dari tiga orang anak laki-laki dan empat orang anak perempuan. Enam dari tujuh putra dan putri Rasulullah terlahir dari istrinya Khadijah binti Khuwailid radhiallahu ‘anha. Satu orang putra lahir dari istri Rasulllah bernama Mariyah Al Qibthiyyah. Semua putra dan putri Rasulullah meninggal saat beliau masih hidup. Kecuali Fathimah yang wafat paling akhir, yakni tujuh bulan setelah wafatnya Rasulullah. Berikut ini nama dan kisah pendek putra dan putri Rasulullah:

Putra Rasulullah:

 1. Qasim. Qasim adalah putra pertama Rasululah SAW yang lahir dan meninggal sebelum Rasulllah menerima wahyu pertamanya. Qasim meninggal pada usia 2 tahun. Qasim lahir dari istri Rasulullah Khadijah RA

2. Abdullah. Abdullah adalah putra kedua Rasulullah yang juga lahir dari Khadijah RA. Abdullah biasa disebut juga at-Thayyib dan at-Thahir. Penurut pendapat ia lahir setelah masa kenabian dan meninggal pada usia yang masih sangat kecil.

3. Ibrahim. Ibrahim adalah putra ketiga Rasulullah SAW. Ia dilahirkan di Madinah tahun 8 H dan wafat saat berusia 17 atau 18 bulan. Ibrahim adalah anak Nabi Muhammad SAW yang terakhir/bungsu. Ibunya bernama Mariyah Al Qibthiyyah. Rasulullah sangat bersedih ketika Ibrahim meninggal, “Sesungguhnya mata ini menitikkan air mata dan hati ini bersedih, namun kami tidak mengatakan sesuatu yang tidak diridhai Rab kami. Sesungguhnya kami bersedih dengan kepergianmu wahai Ibrahim.” (HR. Bukhari).

Putri Rasulullah:

  1. Zainab. Zainab binti Muhammad adalah putri sulung Rasulullah.  Zainab dipersunting oleh Abul Ash bin Rabi’. Dia memeluk agama Islam dan ikut hijrah ke Madinah, sementara suaminya bertahan dalam agamanya di Mekah sampai dia tertawan dalam perang Badar. Di saat itu, Nabi Muhammad meminta kepadanya untuk menceraikan Zainab, lalu diceraikannya. Setelah dia masuk Islam, Rasulullah menikahkan mereka kembali. Zainab binti Muhammad wafat di tahun 8 H.
  2. Ruqayyah. Ruqayyah adalah putri kedua Rasulullah setelah Zainab yang juga anak dari Khadijah. Ruqayyah menikah dengan sahabat Rasulullah SAW Ustman bin Affan RA. Pasangan mulia ini dianugerahi anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia 6 tahun. Ruqayyah wafat pada saat umat Islam meraih kemenangan di perang badar.
  3. Ummu Kultsum. Setelah Ruqayyah wafat, Rasulullah menikahkan Utsman dengan putrinya yang lain, Ummu Kultsumradhiallahu ‘anha. Oleh karena itulah Utsman dijuluki Dzu Nurain (pemilik dua cahaya) karena menikahi dua putri Rasulullah, sebuah keistimewaan yang tidak dimiliki sahabat lainnya. Ummu Kultsum dilahirkan oleh Khadijah dan wafat pada bulan Sya’ban tahun 9 H dan tidak memiliki putra maupun putri dari pernikahannya dengan Ustman bin Affan RA.
  4. Fatimah Az-Zahra. Fatimah Az Zahra adalah putri bungsu dan merupakan putri paling dicintai Rasulullah SAW. Beliau dilahirkan dari rahim Khadijah. Beliau adalah teladan kaum wanita di muka bumi. Fatimah merupakan satu-satunya putri Rasulullah SAW yang ada saat Rasulullah wafat. Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib dan dikaruniai 4 orang anak, 2 orang putra yang diberi nama Hasan dan Husein serta 2 orang putri yang diberi nama Zainab dan Ummu kultsum. Fatimah wafat pada 2 Ramadhan tahun 11 H, 6 bulan setelah ayah tercintanya meninggal dunia.  (dari beberapa sumber/anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*