Bagaimana Meraih Kemuliaan dan Keberkahan Malam Lailatul Qadar?

Bagaimana Meraih Kemuliaan dan Keberkahan Malam Lailatul Qadar?

Berbahagialah kita umat beriman karena Allah telah menyediakan bonus luar biasa bagi kita berupa malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Qs. Al Qadar: 3-5). Allah juga menyebutnya sebagai malam penuh keberkahan sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (Qs. Ad Dukhan: 3-4).

Kapan terjadinya malam penuh kemuliaan ini? Dalam beberapa hadist Rasulullah menyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan, sebagaimana sabdanya, “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (Hr. Bukhari). Di hadist yang lain disebutkan malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana Rasulullah bersabada, “Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (Hr. Bukhari). Ada juga hadist lain dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Carilah Lailatul Qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.” (Hr. Muslim).

Mengapa Rasulullah menyuruh kita mencari malam Lailatul Qadar? Selain penuh dengan kemuliaan ternyata pada malam ini Allah juga menebarkan ampunan bagi mereka    yang tunduk patuh beribadah dengan iklas kepada Allah. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hr. Bukhari dan Muslim). Dan pada malam penuh kemuliaan ini semua ibadah dan amal kebaikan juga dilipatgandakan nilai pahalanya.

Al Qurthubi mengatakan bahwa pada malam itu para malaikat turun dari setiap langit dan dari sidrotul muntaha ke bumi dan mengaminkan doa-doa yang diucapkan manusia hingga terbit fajar. Para malaikat dan jibril turun dengan membawa rahmat atas perintah Allah Swt juga membawa setiap urusan yang telah ditentukan dan ditetapkan Allah di tahun itu hingga yang akan datang.

Oleh karena itu, pada sepuluh malam hari terakhir Rasulullah lebih serius dan sungguh-sungguh dalam beribadah. Dari Aisyah Radiyallahu ‘anha, “Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam apabila masuk pada sepuluh hari (terakhir bulan Ramadhan), beliau mengencangkan kainnya (menjauhi wanita yaitu istri-istrinya karena ibadah, menyingsingkan badan untuk mencari Lailatul Qadar), menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.” (Hr. Bukhari dan Muslim). Di hadist yang lain disebutkan, juga dari ‘Aisyah Radiyallahu ‘anha, (dia berkata): “Adalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersungguh-sungguh (beribadah apabila telah masuk) malam kesepuluh (terakhir), yang tidak pernah beliau lakukan pada malam-malam lainnya.” (Hr. Muslim).

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar? Rasulullah melakukan i’tikaf dan banyak berdoa, sebagaimana diriwayatkan dari Sayyidah ‘Aisyah Radiyallahu ‘anha, (dia) berkata: “Aku bertanya, Ya Rasulullah (Shalallahu ‘alaihi wassalam), Apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku ucapkan ?”. Beliau menjawab, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.”. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah).

Mari kita sambut datangnya malam penuh kemuliaan ini. Semoga Allah mempertemukan kita dengannya pada Ramadhan kali ini. (Anton/Zainul Muslimin)

Catatan:

Baca juga “Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*