Hijau Ternyata Warna Surga

Hijau Ternyata Warna Surga

Ada banyak kata ‘hijau’ di dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Warna hijau biasanya menjelaskan tentang keadaan  surga atau segala yang ada di sekelilingnya.  Warna ini dipergunakan untuk menggambarkan  kenikmatan, kesenangan, ketenangan jiwa dan berbagai karunia nikmat lain di surga. Dalam surat Al-Rahman Allah berfirman, “Mereka bersandar di atas bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah.”  (Qs. Al-Rahman: 76) Di ayat lain Allah berfirman, “Mereka mengenakan pakaian sutra halus yang hijau, dan sutra tebal, serta dipakaikan gelang dari perak kepada mereka. Dan Rabb mereka memberi minum mereka dengan minuman yang suci.” (Qs. Al-Insan: 21) Allah juga berfirman, “Mereka mengenakan pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal.” (Qs. Al-Kahf: 31)

Apa hikmah dibalik warna hijau itu? Seorang pakar psikologi, Ardatsham mengatakan, “Sesungguhnya pengaruh warna terhadap manusia sangat besar, dan saya pernah melakukan sejumlah penelitian dan menjelaskan bahwa warna berpengaruh terhadap kejiwaan dan semangat serta vitalitas kita, merasa panas,  dingin, nyaman, atau bahagia bahkan bisa berpengaruh terhadap kepribadian seseorang dan berpengaruh terhadap menyikapi kehidupan.

Dan warna bisa mempengaruhi kondisi jiwa seseorang.  Sebuah rumah sakit pernah mengundang sejumlah pakar untuk memberikan saran warna dinding ruang pasien atau warna dinding rumah sakit agar bisa membantu dalam proses mengobati para pasien. Rumah sakit juga meminta saran tentang warna yang terbaik untuk pakaian pasien. Sejumlah percobaan telah membuktikan bahwa warna kuning bisa membangkitkan semangat di syaraf pusat. Adapun warna ungu bisa membangkitkan ketenangan. Sedangkan warna biru menjadi sumber perasaan  dingin. Sebaliknya, warna merah akan membuat orang merasa panas atau gersang. Dan para pakar tersebut mengatakan bahwa warna yang bisa membangkitkan kebahagiaan, gembira, bersemangat hidup (bergairah) adalah warna hijau. Warna hijau juga bisa menjadikan pandangan mata nyaman.

Oleh karena itu, warna yang utama dan sesuai untuk kamar atau ruang operasi, pakaian para ahli bedah dan pakaian pasien adalah warna hijau. Sebuah pengalaman unik terjadi di London, di kawasan Black Fryer yang dikenal dengan ‘kawasan bunuh diri’,  karena kejadian bunuh diri banyak terjadi di kawasan ini. Kemudian diadakan perubahan warna dari warna gelap gurun ke warna hijau metalik. Perubahan warna itu ternyata menyebabkan penurunan jumlah kejadian bunuh diri di kawasan tersebut.

Benar, warna hijau yang menjadi ‘warna surga’ juga membuat kita yang masih di dunia merasa nyaman, damai dan tentram. Alangkah bahagianya bila kita bisa menikmati indahnya warna hijau itu di surga kelak. ( Dikutip dari Kitab Ma’a Al-Thib fii Al-Qur’an Al-Karim, Dr. Abdul Hamid Diyab, Dr. Ahmad Qarquz, Mu’assasah Ulum Al-Qur’an, Dimasyq/Abu Rafif. )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*