Ar-Rayyan, Pintu Surga Istimewa untuk Mereka yang Berpuasa

Ar-Rayyan, Pintu Surga Istimewa untuk Mereka yang Berpuasa

Sungguh istimewa hamba Allah yang menjalankan indah puasa. Bukan hanya kemuliaan dan keberkahan yang akan diperoleh tetapi juga perhitungan pahala yang istimewa karena Allah sendiri yang akan menentukan, sebagaimana firmannya dalam hadits qudsi, “Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151).

Tidak hanya itu, mereka yang berpuasa iklas mengharap ridho Allah juga akan mendapat keistimewaan berupa pintu ‘khusus’ untuk mereka yang bernama Ar-Rayyan. Di surga ada delapan pintu, salah satu pintu dinamakan Ar-Rayyan dan pintu ini khusus bagi orang yang berpuasa. “Sesungguhnya di surga ada pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa di hari kiamat masuk dari pintu itu. Tidak dibolehkan seorang pun memasukinya selain meraka. Lalu dikatakan, ‘Dimana orang-orang yang berpuasa?’ Mereka pun bangkit, tidak ada seorang pun yang masuk kecuali dari mereka. Ketika mereka telah masuk, (pintunya) ditutup dan tidak seorang pun masuk lagi.” (HR. Bukhari, 1763. Muslim, 1947).

Dalam hadits lain disebutkan, Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257). Pintu lainnya adalah pintu untuk orang-orang yang rajin mengerjakan shalat, pintu untuk yang rajin bersedekah, pintu untuk para mujahid.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berinfak dengan sepasang hartanya di jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Hai hamba Allah, inilah kebaikan.’ Maka orang yang termasuk golongan ahli shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Orang yang termasuk golongan ahli jihad akan dipanggil dari pintu jihad. Orang yang termasuk golongan ahli puasa akan dipanggil dari pintu Ar-Rayyan. Dan orang yang termasuk golongan ahli sedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”

Semoga kita menjadi bagian dari mereka yang masuk surga melalui pintu Ar-Rayyan. (Anton/Zainul Muslimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*