Bagaimana Menyambut Ramadhan dengan Benar?

Bagaimana Menyambut Ramadhan dengan Benar?

Ramadhan, bulan mulia penuh keberkahan sudah di depan mata. Sebentar lagi kita akan menikmati waktu terindah dan paling nikmat untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Ramadhan juga memberi kesempatan pada kita untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menyambut datangnya bulan mulai ini. Berikut ini beberapa tips menyambut Ramdhan:
1. Berdoalah agar Allah Swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadan dalam keadaan iman yang kokoh dan sehat wal afiat. Dengan demikian kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal di bulan Ramadhan, baik puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah Saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

2. Bergembiralah dan bersyukurlah dengan kedatangan bulan Ramadan. Rasulullah Saw selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

3. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadan. Ramadhan sangat singkat, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.

4. Persiapkan diri untuk semakin banyak mempelajari Al Quran. Bukankah Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan? “Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang nyata yang menunjuk kepada kebenaran, yang membedakan antara yang haq dan yang bathil.” (QS Al-Baqarah: 185). Tidak ada salahnya bila menyusun target tertentu untuk membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran. Libatkan anak-anak dan seluruh anggota keluarga dalam kegiatan ini.

5. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad: 21]

6. Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadan. Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (Qs. Al-Anbiyaa’: 7).

7. Sambut Ramadan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadan adalah bulan taubat. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Qs. An-Nur: 31] (Cahaya muslim/sumber lain/Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*