Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Tahun ajaran baru menjadi saat yang menegangkan bagi sebagian besar orang tua yang memiliki anak yang sedang mencari sekolah. Seluruh perhatian terfokus pada ikhtiar untuk memperoleh sekolah atau lembaga pendidikan terbaik, bergengsi atau yang dianggap dapat menjamin masa depan anak. Seluruh energi, perhatian dan kemampuan diarahkan untuk mendapatkan garansi bahwa sang anak akan berada di tempat terbaik untuk mengasah kecerdasan intelektual, ketrampilan menyiasati hidup dan tentunya disisipi harapan agar mereka dapat hidup sejahtera dimasa mendatang.

Tidak ada yang salah dengan semua ikhtiar luar biasa itu karena bagaimanapun juga orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Namun yang patut dipertanyakan, adakah dimensi keislaman pada semua langkah itu? Artinya, adakah komitmen dari dari para orang tua yang sedang mencari sekolah untuk memberi makna ibadah ketika bersusah payah mencari bangku sekolah untuk anaknya. Yang sering terjadi banyak orangtua telah kehilangan orientasi keislamanannya ketika berburu sekolah. Mereka tidak lagi memberi prioritas pada nilai-nilai keislaman ketika memutuskan memilih sekolah tertentu.

Allah Swt memang menyuruh para orang tua untuk selalu khawatir terhadap anak-anaknya “Dan hendaklah takut (cemas) orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap keadaan mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” [QS. An-Nisa: 9]. Dengan demikian memberi pendidikan terbaik bagi anak-anak adalah wujud tanggungjawab orangtua terhadap amanah Allah Swt.

Namun wujud pertanggungjawaban itu seharusnya juga berpegang pada perintah Allah di ayat yang lain, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan bebatuan; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, mereka tidak mendurhakai Allah dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan-Nya.” (QS. At-Tahrim: 6). Oleh karena itu orangtua juga harus benar-benar memperhatikan pilihan lembaga pendidikan untuk anak-anaknya. Sungguh sebuah pengingkaran terhadap perintah Allah Swt bila orangtua memilih lembaga pendidikan hanya karena pertimbangan masa depan duniawi semata.

Bagi para orangtua sebenarnya sudah tersedia pilihan yang bisa memberi jaminan bagi masa depan anak sekaligus juga masa depan orangtua. Banyak sekolah Islam dari semua jenjang pendidikan yang seharusnya menjadi pilihan utama para orangtua. Di lembaga-lembaga pendidikan itu anak tidak saja dibekali ilmu dunia tetapi juga sarat diberi muatan akidah, akhlak, adab, ibadah dan berbagai bekal keislaman lainnya. Tinggal pilih lembaga pendidikan yang murah meriah atau yang mahal luar biasa. Semua sudah tersedia.

Yang patut disayangkan ternyata masih ada orangtua yang ‘menggadaikan’ komitmen keislamannya hanya untuk mengejar gengsi duniawi. Masih banyak kita temui orangtua memilih lembaga pendidikan non Islam dengan alasan lebih bergengsi dan berkualitas. Tidakkah mereka khawatir anak-anak mereka akan tergadai imannya? Mari kita bimbing dan arahkan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan terbaik, sebagai bekal kehidupan dunia dan akheratnya. (Anton/Zainul Muslimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*