Ucapkanlah Jazakallahu Khairan

Ucapkanlah Jazakallahu Khairan

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang diberikan sesuatu kebaikan, maka hendaknya dia ucapkan ‘Jazakallahu khairan (semoga Allah membalas kebaikanmu)’ kepada orang yang memberi kebaikan. Sungguh hal yang demikan telah bersungguh-sungguh dalam berterimakasih.” (Hr. AT Tirmidzi, Thabrani)

Dalam hadist tersebut Rasulullah memberi tuntunan, apabila seseorang memberi kebaikan kepada kita dengan harta, bantuan, atau ilmu atau yang selain itu, maka kita diperintahkan untuk membalas kebaikan tersebut. Beliau juga bersabda, “Barangsiapa yang memberikan kebaikan kepadamu maka balaslah (kebaikan tersebut).” Balasan yang diberikan tentu disesuaikan dengan kondisi. Ada orang yang balasan kebaikannya sama atau bahkan lebih banyak dari yang dia diberikan, namun ada pula yang balasannya cukup dengan mendoakan kebaikan baginya, karena dia memang tidak ingin dibalas dengan harta atau sejenisnya.

Oleh karena itu, untuk mereka yang memang tidak mau dibalas kebaikannya maka doakan dia sebagai balasan atas kebaikkannya dengan doa, ‘Jazaakumullah Khoiron” (“Semoga Allah membalas kebaikanmu”). Apabila ucapan tersebut ditujukan kepada wanita, maka dhamir (kata gantinya) diubah menjadi:, “Jazakillahu khairan”. Apabila ditujukan kepada sekumpulan orang, maka gantilah dengan, “Jazakumullahu khairan” (disadur dari tulisan Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin/Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*