Membuka Pintu Rezeki yang Dijanjikan Allah

Membuka Pintu Rezeki yang Dijanjikan Allah

Banyak di antara umat muslim yang belum memahami benar bahwa rezeki datangnya hanya dari Allah, dan hanya Allah yang berhak memberi atau tidak memberikan rezeki itu. Masih ada yang meyakini bahwa rezeki datang hanya karena usaha dan ikhtiar mereka. Mereka seolah lupa ada Allah Sang ar-Razzaq, Maha Pemberi Rezeki. Allah telah berfirman, “Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkan (bagi siapa) yang Dia kehendaki.” (Qs ar-Ra’d: 26).

Dengan demikian, rezeki merupakan salah satu rahasia Allah, kita hanya bisa berikhtiar dan berdoa untuk menyambut janji Allah yang pasti akan menjamin dan memberi rezeki pada hamba-Nya, sebagaimana firman Allah, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di atas bumi ini melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya.” (Qs Hud: 6). Dengan demikian, kita tetap harus terus berusaha untuk mewujudkan janji Allah dengan ikhtiar dan jalan yang benar sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Banyak atau sedikit, kapan dan dimana serta dalam bentuk apa rezeki itu diberikan, hanya Allah yang tahu. Yang kita tahu, Allah memberikan rezeki kepada umatnya melalui empat pintu sebagaimana telah Allah nyatakan dalam Al Quran sebagai berikut:

Pertama. Rezeki yang dijamin oleh Allah, “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di atas bumi ini melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya,” (QS Hud : 6). Allah akan memberi kesehatan, makan, dan minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini.

Kedua. Rezeki dari apa yang diusahakan manusia. “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya,” (QS an-Najm: 39). Dalam ayat ini jelas ditegaskan bahwa Allah akan memberi rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakan hamba-Nya. Oleh karena itu, mereka yang bekerja lebih tekun, pintar, rajin, produktif, sungguh-sungguh, biasanya akan mendapat rezeki lebih banyak.

Ketiga. Rezeki bagi orang yang pandai bersyukur. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangatlah berat.” (Qs. Ibrahim: 7). Oleh karena itu, jangan pernah lupa bersyukur karena Allah sangat menyayangi hamba-Nya yang pandai bersyukur, dan akan melimpahkan rezeki karena syukurnya itu.

Keempat. Rezeki yang tidak disangka-sangka bagi orang bertakwa. “…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Qs.Ath-Thalaq: 2-3). Sungguh mulia orang beriman dan bertakwa karena Allah menjamin akan memberi rezeki, melalui jalan yang tidak terduga dan tidak disangka-sangka.

Kita diberi pilihan untuk mendapat rezeki melalui keempat pintu itu. Yang pasti, kita harus meyakini bahwa rezeki hanya dari Allah dan kita hanya berikhtiar dan berdoa memohon agar rezeki yang barokah selalu dilimpahkan kepada kita. (Anton/Zainul Muslimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*