Khasiat  Pohon dan Buah Zaitun

Khasiat Pohon dan Buah Zaitun

Al Qur’an banyak menyebut tentang pohon dan buah zaitun. Bahkan Allah Azza wa Jalla bersumpah dengan zaitun dalam firman-Nya: “Demi pohon Tien dan Zaitun” (QS. At-Tin: 1-2). Allah juga berfirman, ”Dinyalakan (dengan minyak) dari sebuah pohon yang diberkahi, (yaitu) zaitun yang tidak tumbuh di sebelah timurnya dan tidak pula disebelah baratnya, hampir-hampir minyaknya saja menerangi walaupun tidak disentuh api”. (Qs. An-Nuur: 35).

Apa rahasianya? Ternyata salah satunya adalah khasiat pohon dan buah zaitun yang bisa dipergunakan untuk obat, berkhasiat memberi kekuatan dan merupakan pohon yang diberkahi. Allah berfirman ”Dan pohon yang (tumbuh) keluar dari Tursina, yang (pohon zaitun) itu menghasilkan minyak dan menjadi kuat bagi orang-orang yang makan” (Qs. Al Mukmin: 20) Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga menjelaskan, ”Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR Abu Daud).

Para ulama juga banyak menyebutkan tentang keutamaan minyak zaitun dan manfaatnya yang sangat besar ditinjau dari sisi gizi dan pengobatan, seperti diantaranya Imam Ibnul Qoyyim Al jauziyah dalam kitabnya At Thibb An- Nabawiyah. Demikian pula dengan kedokteran modern sudah mengakui keunggulan minyak zaitun untuk pengobatan, diantaranya, DR Scoot Grandy dari Universitas Texas dan DR Satsoon dari Universitas penyakit liver pada sebuah daerah yang masyarakatnya menjadikan minyak zaitun sebagai campuran makanan.

Tanggal 21 April 1997 diselenggarakan pertemuan ilmiah di Roma yang dihadiri para pakar medis. Mereka mengeluarkan keputusan penting yang menegaskan bahwa minyak zaitun dapat melindungi dari serangan penyakit arteriole salurah darah kecil di liver, menghambat naiknya kolesterol darah, tekanan darah dan diabetes serta melindungi dari serangan beberapa jenis kanker. Minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap kolesterol yang bermanfaat, sehingga organ hati dan jantung akan selalu terjaga.

Prof. Asman dari Universitas Monster Jerman, memaparkan bahwa kebiasaan menggunakan minyak zaitun memberikan peluang cukup besar untuk dapat melindungi diri dari sejumlah serangan kanker, terutama kangker usus besar, rahim dan indung telur. Archieves of Internal Medicine edisi Agustus 1998 menegaskan bahwa kebiasaan mengkomsumsi satu sendok makan zaitun setiap hari, memungkinkan untuk dapat mengurangi terkena kanker payudara hingga 45%.

Yang menarik, dalam sebuah studi penelitian terhadap 40 wanita menyusui, yang dipublikasikan dibulan Februari 1996 di Universitas Barcelona, Spanyol, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terdapat dalam minyak zaitun. Mengapa tidak kita coba menjadikan minyak zaitun sebagai pilihan obat kita? (obatjantung.com/admin)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*