Kunci Pintu Surga

Kunci Pintu Surga

Siapakah orang yang tidak ingin masuk surga Allah? Tentu saja tidak ada. Tapi ternyata untuk memasuki surga itu dibutuhkan kunci. Apakah kunci surga itu? jangan membayangkan kunci yang biasa kita pakai untuk membuka pintu rumah maupun kunci kendaraan, karena Rasulullah telah menyampaikan kepada kita perihal “kunci” surga. Dari Hasan bin Arafah berkata bahwa telah berkata kepada kami Ismail bin Ayyasy dari Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Hasan dari Syahr bin Husyab dari Muu’adz bin Jabal Radiyallahu Anhu yang berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
“Kunci surga itu adalah kesaksian La ilaha illa Allahu (tidak ada sesembahan yang haq di sembah kecuali Allah).”(HR.Imam Ahmad).

Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam Musnad-nya. Imam Bukhari dalam Shahih-nya berkata dari Wahab bin Minabbih bahwa dikatakan kepadanya,“Bukankah kunci surga itu adalah perkataan La ilaha illallahu?” Wahhab bin Munabbih menjawab, “Benar, tapi ingat bahwa setiap pintu pasti mempunyai gerigi. Jika anda diberi kunci yang bergerigi maka anda bisa membuka. Kalau tidak maka anda tidak bisa membuka pintu.”(HR.Bukhari).

Abu Nu’aim meriwayatkan hadits dari Abban dari Anas bin Malik Radiyallahu Anhu yang berkata bahwa ada orang badui yang berkata, “Wahai Rasulullah apa kunci surga itu? Rasulullah Shallallhu Alaihi wa Sallam menjawab “Yaitu La ilaha illallahu”.(diriwayatkan Abu Nu’aim). Dalam Musnad, disebutkan hadits dari Muad bin Jabal RA. Yang berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
“Maukah engkau aku tunjukkan salah satu kunci surga?, Aku menjawab, “ya, mau”. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,“Yaitu ucapan la haula wa la quwwata illa billahi (tiada daya upaya kecuali dengan Allah). (renunganislam/Anton.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*