Doa Ketika Ditimpa Kesulitan

Doa Ketika Ditimpa Kesulitan

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan apabila Engkau berkehendak, Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan.” (HR. Ibnu Hibban Syaikh Al-Albani menshahihkannya). Hadist ini bisa menjadi doa ketika kita sedang menghadapi kesulitan hidup. Doa ini juga disebutkan oleh pengarang Hisnul Muslim, DR. Sa’id bin Ali bin Wahf al-Qahthani, dengan judul, “Doa bagi siapa yang mendapatkan kesulitan.”

Makna dari doa di atas, bahwa Allah tidak menjadikan segala sesuatu mudah bagi manusia. Tidak ada kemudahan bagi mereka, kecuali apa yang Allah jadikan mudah. Dan sesungguhnya kemudahan adalah apa yang Allah jadikan mudah. Sebaliknya, kesulitan dan kesusahan jika Allah kehendaki bisa menjadi mudah dan ringan. Sebagaimana kemudahan dan perkara ringan bisa menjadi sulit dan berat, jika Allah menghendakinya. Karena semua perkara berada di tangan Allah ‘Azza wa Jalla. Dari Anas bin Malik berkata, “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, apabila menghadapi suatu masalah, beliau berdoa,”Wahai Yang Maha Hidup Kekal, yang terus menerus mengurus (mahluk-Nya), hanya dengan rahmat-Mu saja, saya meminta pertolongan.” (Hr. al-Tirmidzi).

Doa nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan juga menjadi doa ketika menghadapi kesulitan, “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau . Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (Qs. Al-Anbiya’: 87) Dari Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu berkata, Nabishallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Doa Nabi Yunus taatkala ia berada di dalam perut ikan: Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim. Sesungguhnya tak seorang muslim yang berdoa kepada Rabb-nya dengan doa tersebut dalam kondisi apapun kecuali Allah akan mengabulkan untuknya.” (Hr. Tirmidzi)

Selain berdoa apa yang seharusnya dilakukan ketika menghadapi kesulitan hidup? Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat.” (Qs. Al-Baqarah: 153) Allah Ta’ala menjelaskan bahwa cara terbaik untuk meminta pertolongan Allah dalam menghadapi berbagai musibah (di antaranya kesulitan dalam hidup) adalah dengan bersabar dan shalat. Dan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila dihadapkan pada suatu masalah maka beliau segera shalat. (Hr. Abu Dawud dan Ahmad dari Hudzaifah bin Yaman) (Badrul Tamam/ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*