Runtuhnya Ekonomi Kapitalis Bangkitnya Ekonomi Islam

Runtuhnya Ekonomi Kapitalis Bangkitnya Ekonomi Islam

Sistem ekonomi kapitalis ternyata tidak sekuat yang kita bayangkan. Rentetan sejarah kelam kapitalisme yang seolah membentuk siklus kembali terulang pada tahun 2008. Terpaan krisis moneter yang begitu hebat mampu mebuat negara adidaya sekaliber Amerika akhirnya tersungkur runtuh tak berdaya. Krisis ini menimbulkan efek domino ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia.

 

Sistem ekonomi kapitalis yang saat ini diadopsi oleh sebagian besar negara di dunia sebenarnya memiliki sifat ‘self destruction’. Sistem ekonomi ini mengandalkan berbagai metode yang justru menghancurkan dirinya sendiri. Berbagai analisis terhadap pratek sistem ini, memperlihatkan begitu rapuhnya konstruksi sistem kapitalis.

 

Pertama, ekonomi berbasis moneter. Sistem ekonomi kapitalis dibangun dengan ‘monetery based economy’ (ekonomi berbasis sektor moneter). Implikasinya system ekonomi kapitalis banyak bermain pada sektor-sektor non real yang dicirikan dengan adanya bursa saham dan pasar modal. Didalamnya diwarnai dengan aktivitas jual beli saham, obligasi dan berbagai komoditi tanpa adanya syarat serah terima komoditi yang diperjualbelikan.

 

Model transaksi semacam ini adalah batil dalam pandangan Islam karena dapat menimbulkan spekulasi yang berujung pada goncangan pasar. sistem ekonomi Islam yang berbasis syariah tidak mengakui adanya sektor non real yang berbasis bunga karena hal itu jelas merupakan riba. Dengan tegas Allah melarang riba sebagaimana tercantum dalam Al Baqaráh: 275 ….padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

 

Sistem ekonomi Islam dibangun berbasar ‘real based economy’ (ekonomi berbasis sektor real). Ekonomi Islam menitikberatkan pada pengelolaan sektor real, karena hanya melalui sektor inilah keuntungan ekonomi yang nyata dapat diperoleh.

 

Kedua: ekonomi berbasis uang kertas. Semenjak disahkannya perjanjian Bretton Woods, konsep mata uang berbasis emas kemudian disingkirkan dan diganti dengan ‘fiat money’ atau sistem uang berbasis kertas. Substitusi ini menyebabkan dolar Amerika mendominasi perekonomian global. Akibatnya keguncangan ekonomi sekecil apapun yang terjadi di Amerika akan berimabas ke negara-negara lain. Sistem uang kertas menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rapuhnya sistem ekonomi kapitalis. Uang kertas memiliki kelemahan yang sangat mendasar yaitu selalu terkena inflasi permanen

 

Ketiga: konsep investasi asing dalam sistem ekonomi kapitalis sebenarnya adalah kamuflase dari usaha eksploitasi yang dilakukan oleh negara kapitalis terhadap negara dunia ketiga. Investasi asing yang dilakukan di negeri-negeri Islam terbukti lebih menguntungkan negara investor.

 

Melihat fakta sejarah rentannya sistem ekonomi kapitalis yang berkali-kali membuat bencana bagi perekonomian dunia, maka sudah saatnya sistem ekonomi Islam bangkit menggantikan sistem ekonomi kapitalis. Kesadaran terhadap kekuatan sistem ekonomi Islam memang sudah muncul di berbagai negara. Sekarang tinggal menunggu komitmen dan kesungguhan seluruh ummat Islam untuk mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. (Adi Wijaya dan berbagai sumber lain).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*