Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Diantara amanah terbesar yang diberikan Allah kepada kita adalah anak–anak yang selama ini kita cintai. Dalam pandangan Islam, anak bukan hanya sebagai karunia dan nikmat, yang dapat memberi kebahagiaan dan kesejukan hati untuk kedua orang tuanya, namun anak juga merupakan amanah/titipan dari Allah swt. yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu setiap orang tua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak-anaknya, bukan hanya harus memenuhi segala kebutuhan materi mereka tetapi juga menyangkut masalah kesehatan, pendidikan, penerapan nilai-nilai keagamaan,. serta memberikan contoh keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bertanggungjawab menjadikan anak-anak yang dapat kita banggakan dihadapan Allah. Kita hendaknya takut kepada Allah bila memiliki anak-anak yang lemah (An-Nisa, ayat 5). Lemah yang dimaksud disini dapat berupa lemah iman, lemah dan teknologi. akhlaq dan moral, lemah ekonomi, lemah fisik/jasmani serta lemah ilmu pengetahuan.

Dalam kaitan itu pendidikan anak menjadi salah satu faktor penting yang akan menentukan pertanggungjawaban orangtua terhadap amanah Allah. Pendidikan yang baik akan melahirkan anak-anak dengan kaulitas keimanan, kecedasan, ketrampilan dan ketangkasan yang baik. Agar hal ini tidak terjadi, maka orang tua hendaknya lebih memperhatikan pendidikan mereka, baik pendidikan di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sekitar.

Sejak usia dini perkenalkan anak-anak kita kepada agama Islam. ajak mereka shalat berjama’ah ke masjid, biasakan membaca Al Quran bersama di rumah, serta berikan mereka keteladanan /uswah yang terbaik. Hendaknya kita memasukkan anak-anak kita ke tempat-tempat pengkajian Alquran (TPA), dan jika mereka sudah berusia remaja dan dewasa hendaknya diikut sertakan dalam kegiatan- kegiatan keagamaan di sekolah-sekolah, di masjid-masjid dan mushalla. Mari kita pertanggungjawabkan amanah Allah dengan memberi bekal pendidikan Islami terbaik pada anak-anak kita. (ton. Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*