Mekah Tahun 2020

Mekah Tahun 2020

Kota Mekah sedang melakukan pembangunan besar-besaran. Masjid Al Haram akan diperbesar, areal tawaf di sekitar Kakbah ditutup dengan pelindung, puluhan apartemen pencakar langit sedang diselesaikan, hotel-hotel bintang lima sedang ditambahkan, mal-mal baru dikebut. Selain itu jalur kereta cepat dari Jeddah dipersiapkan langsung sampai ke Al Haram, monorel dibangun untuk menghubungkan 3M (Makkah-Muzdalifah-Mina), kereta cepat dipersiapkan untuk menghubungkan Jedah-Makkah-Madinah. Dua tahun lagi, 2010, sebagian proyek raksasa itu sudah terlihat. Dan semuanya akan sempurna pada 2020.

 

Penataan Makkah kali ini dilakukan secara total, terencana, dan tidak tambal sulam. Pembuatan konsep perencanaannya saja memerlukan biaya Rp 100 miliar. Seluruh biaya untuk membangun kawasan 23 hektare ini saja sekira Rp 250 triliun. Pelaksana proyek adalah perusahaan swasta bernama Jabal Omar Development Company (JODC). Untuk merealisasikan proyek ini, perusahaan itu langsung go public di bursa saham Arab Saudi.

 

Salah satu yang menarik adalah rencana pembangunan payung raksasa Masjidil Haram di sekitar Kakbah. Payung ini bisa buka tutup. Kalau siang payungnya dikembangkan dan kalau malam payungnya bisa ditutup secara otomatis. Modelnya mirip payung ruang tengah Masjid Nabawi di Medinah. Tapi proyek ini mungkin baru bisa rampung 2-3 tahun lagi, setelah pembenahan tempat sai selesai. (Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*