Fenomena Batas Dua Lautan

Fenomena Batas Dua Lautan

Dan Dialah yang mempertemukan dua laut; yang ini tawar lagi segar, dan yang ini asin lagi pahit. Dan Dia menjadikan di antara keduanya ada batas dan penghalang yang tidak terlampaui. (QS. Al- Furqaan:53)

Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, (QS. Ar-Rahman:19) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. (QS. Ar-Rahman: 20) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. (QS. Ar-Rahman:22)

Penelitian moderen menemukan adanya fenomena batas dua laut yang bertemu di satu tempat tertentu. Masing-masing air laut yang bertemu ternyata tetap memiliki dan mempertahankan suhu, salinitas (kadar garam) maupun densitas (kekentalan) masing-masing. Artinya, air laut yang satu dengan lainnya tidak saling mempengaruhi, walaupun keduanya bertemu di satu tempat. Seolah ada batas tegas yang memisahkan kedua air laut tersebut.

Ternyata 14 abad yang lalu Al Quran telah menjawab dengan pasti dan meyakinkan fenomena tersebut sebagaimana tersebut dalam ayat diatas. Salinitas maupun suhu awal dari masing-masing air laut tersebut tetap dipertahankan dan tidak saling mempengaruhi, walaupun kedua air laut tersebut bertemu di satu tempat. Dengan kata lain tidak terjadi percampuran diantara air laut yang berbeda itu. Kajian empirik dan ilmiah membuktikan memang ada batas diantara dua laut yang memiliki karakter berbeda di lokasi tertentu.

Pembuktian ilmiah telah dilakukan di laut mediteran yang dikelilingi laut Atlantik. Sampai dengan kedalaman 1000 meter dari permukaan air laut suhu air laut mediteran sekitar 11,5 derajat celcius, sementara suhu air laut Atlantik yang mengililingi berkisar 10 derakat Celsius. Salinitas air laut dari Mediteran sekitar 36,5% sementara air laut Atlantik sekitar 36,0%. Fenomena ini sungguh menarik karena air kedua lautan bertemu di satu tempat yang sama, namun keduanya tidak bercampur sama sekali. Kedua air lautan itu dipisahkan oleh pembatas yang tegas. (Anton. Seremonia.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*