Ayo Belajar Jadi Pengusaha

Ayo Belajar Jadi Pengusaha

  1. Bangun Motivasi dan Bulatkan Tekad

Menjadi pengusaha memerlukan tekad yang kuat untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Selama mengembangkan usaha diperlukan tenaga ekstra, kesungguhan dan komitmen tinggi untuk menembus semak belukar dunia usaha yang gelap dan tajam. Tekad kuat hanya dapat terbentuk jika anda sudah membangun motivasi dan cita-cita yang besar.

  1. Just do it’

Banyak orang yang menunda-nunda berbisnis karena ide bisnisnya tidak dapat diwujudkan. Mereka menunggu keajaiban yang tidak kunjung datang. Lebih baik kerjakan saja yang anda mampu sekarang juga. Meskipun Anda merasa peluang bisnis yang ada saat ini kurang menarik, namun bersabarlah boleh jadi suatu hari anda akan menemukan peluang bisnis baru yang lebih baik dengan sarana bisnis pertama yang telah anda rintis.. Jalani dulu apa adanya, syukuri apa yang ada, pasti Allah akan menambah nikmat-Nya. Just do it!

  1. Pilih Bisnis yang Dapat Anda Kuasai dengan Cepat

Anda dapat memilih bisnis yang ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan, hobi atau bisnis yang dapat didukung oleh keluarga, teman atau orang yang anda kenal. Intinya manfaatkan dulu asset apapun yang kita punya, jangan memikirkan ide bisnis yang kita tidak mempunyai kekuatan apapun disana. Jangan memulai bisnis dengan asset nol.

  1. Fokus dan Bekerjalah Secara Fokus!

Jangan kembangkan banyak produk untuk satu merek yang sama atau mengembangkan banyak bisnis sekaligus disaat Anda merintis usaha. Tujuan dari fokus adalah agar kita semakin ahli dan menguasai bidang usaha yang kita geluti, yang pada akhirnya akan terbangun merek yang kuat yang terkait erat dengan satu jenis produk saja dibenak pelanggan . Semakin kita fokus dan semakin banyak sumber daya yang kita tanamkan untuk satu jenis produk/jasa, maka hasilnya akan lebih baik.

  1. Carilah Teman atau Berpartnerlah

Jangan takut untuk mencari partner atau menggaji karyawan. Jangan berusaha mengerjakan semuanya sendiri. Carilah teman atau karyawan yang dapat menutupi kelemahan dan kekurangan kita agar terbentuk tim yang kuat dalam segala bidang. Dengan melibatkan orang lain InsyaAllah rezeki kita akan lebih baik dan lebih barokah daripada bekerja sendirian.

  1. Perkuat Kesabaran, Ketaqwaan dan Tawakkal

Bersabarlah atas segala kesulitan dan kegagalan yang terjadi. Maju terus jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah Ta’ala. Dengan bersabar dan tawakal dalam menghadapi kesulitan dan kegagalan akan membuat kita semakin matang dalam berusaha dan semakin trampil. Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah : 153). Atau di ayat lain, “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS. Ali ‘Imran : 159) Atau dalam sabda Rasulullah, “Sesungguhnya datangnya kemenangan itu bersama dengan kesabaran.” (Hadits Arba’in no.19)

  1. Berbuat Baiklah dan Tinggalkan Maksiat

Banyak jalan kebaikan yang dapat melapangkan rezeki dan memudahkan urusan kita, fakir miskin dan anak yatim dan berbagai ibadah-ibadah wajib dan sunnah seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Allah berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”( QS. Al Baqarah : 261). (Fadil Basymeleh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*